Senin, 09 Agustus 2010

Taman Kota

Pernah jalan-jalan di wilayah Jakarta Selatan dan melewati kawasan Kebayoran Baru? Nah, coba hitung, berapa banyak taman yang kamu lihat?

Pernah mendengar kawasan yang disebut Kebayoran Baru, Jakarta Selatan? Kemarin, Nesi jalan-jalan ke kawasan ini. Di wilayah Kebayoran Baru, ternyata banyak terdapat taman kota, lo! Kamu tahu, kan yang namanya taman kota? Nesi yakin, kamu pasti tahu!

Taman Ayodya di Kebayoran Baru

Taman kota
Adalah tempat yang sangat penting bagi sebuah kota. Taman kota berfungsi sebagai paru-paru dan jantung kota yang membuat siklus oksigen dan karbondioksida dapat berganti dengan sempurna.

Taman kota juga bisa difungsikan sebagai ruang terbuka untuk masyarakat. Biasanya, masyarakat memanfaatkannya sebagai tempat untuk melakukan kegiatan rekreasi, olahraga, dan lainnya sambil menghirup udara segar.

Taman Pakubuwono di Kebayoran Baru. Foto: photobucket.com

Nah, saat Nesi jalan-jalan, Nesi melewati beberapa taman kota di kawasan Kebayoran Baru. Hmmmm... coba ya, Nesi ingat-ingat nama taman-taman itu. Ada Taman Barito, Taman Langsat, Taman Puring, Taman Ayodya, Taman Pakubuwono, Taman Martha Tiahahu (itu lo, yang letaknya di dekat terminal Blok M).

Lalu ada juga taman yang letaknya di dekat Masjid Agung Al-Azhar, duh, Nesi lupa namanya. Ah, pokoknya banyak sekali taman kota yang kemarin sempat Nesi lihat!

Kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan memang banyak terdapat taman kota dibanding dengan kawasan Jakarta lainnya. Pada tahun 1948, seorang arsitek asal Indonesia, Bapak Moh. Soesilo merancang sebuah kota taman pertama di Indonesia di kawasan Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Kawasan ini merupakan adaptasi kota taman bergaya Erooa (khususnya Belanda) dalam iklim tropis. Oleh sebab itu, Kebayoran Baru sering juga disebut sebagai kota taman tropis .

Taman Langsat di Kebayoran Baru. Foto: netfirms.com

Mengapa Kebayoran Baru?
Kawasan ini punya lebih dari 30 persen lahan dan ruang terbuka hijau dari total luas kotanya atau sekitar 720 hektar. Mulai dari kawasan Blok A sampai dengan Blok S, Nesi selalu melihat taman kota.

Nesi penasaran nih, berapa banyak sebenarnya taman yang ada di kawasan Kebayoran Baru ini. Karena kawasan taman kota Kebayoran Baru ini sudah berusia lebih dari 50 tahun lo!

Taman Martha Tiahahu di kawasan Blok M, Kebayoran Baru. Foto: Flickr.com

Nah, berdasarkan data dari Dinas Pertamanan DKI Jakarta, jumlah taman di kawasan Kebayoran Baru ini mencapai 108 buah taman . Itu hanya untuk 1 kecamatan saja lo, belum ditambah kecamatan-kecamatan lainnya. Wuiiihh.. banyak banget kan! Kalau ditotal, jumlah taman kota yang ada di kawasan Jakarta Selatan mencapai 299 taman.

Dan saat ini sedang diusahakan kawasan Kebayoran Baru untuk dikategorikan sebagai kawasan cagar budaya yang harus dilindungi, dilestarikan, dan dikembangkan. Oleh sebab kawasan ini mampu berfungsi sebagai laboratorium hidup dan tempat penelitian dan pengelolaan kota taman. (Kidnesia/berbagai sumber)

Nah, apakah kamu bisa menyebutkan taman kota terbaru yang terletak di Jl. Barito II, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar